STRATEGI DALAM MENJAWAB SOAL LISTENING DALAM TEST TOEFL
Penelitian maupun
pengalaman banyak pembelajar bahasa Inggris menunjukkan bahwa listening
comprehension (menyimak dan memahami) merupakan salah satu kecakapan yang
paling sulit dikuasai. Tantangan makin bertambah dalam konteks tes bahasa
seperti TOEFL, TOEIC, atau IELTS. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin
memberikan beberapa kiat untuk mendapatkan sebanyak mungkin pesan—tentunya
sesuai tingkat kecakapan berbahasa masing-masing—dari sebuah wacana lisan yang
umumnya hanya diperdengarkan satu kali saja.
TOEFL TEST yang
terdiri dari 3 (tiga) bagian besar, yaitu Listening Comprehension, Structure
and Written Expression, dan Reading Comprehension.
Soal listening comprehension sebanyak 15 butir soal , terdiri dari :
Part I : Photographs sebanyak 3 soal
Part II : Question – Response sebanyak 4 soal
Part III : Short conversation sebanyak 4 soal
Part IV : Short talk sebanyak 4 soal
Part I : Photographs sebanyak 3 soal
Part II : Question – Response sebanyak 4 soal
Part III : Short conversation sebanyak 4 soal
Part IV : Short talk sebanyak 4 soal
LISTENING SECTION
·
PICTURE
terdiri dari 3 item soal :
1. Location of things
2. On going activities
3. Describing people / event
1. Location of things
2. On going activities
3. Describing people / event
·
QUESTION
RESPONSE terdiri dari 4 item soal :
1. Giving sugestion
2. Preference
3. Invitation
4. Giving direction
1. Giving sugestion
2. Preference
3. Invitation
4. Giving direction
·
SHORT
DIALOGUE/SHORT CONVERSATION terdiri dari 4 item soal :
1. Introduction
2. Daily activities
3. Planning
4. Degrees of comparation
1. Introduction
2. Daily activities
3. Planning
4. Degrees of comparation
·
SHORT
TALKS terdiri dari 4 item soal :
1. Monologe radio commercial
2. Announcement
1. Monologe radio commercial
2. Announcement
MATERI SOAL :
1. Greeting , mampu memilih salam sesuai dengan waktu dan keperluan
2. Introduction, memperkenalkan diri / memperkenalkan orang lain
3. Describing, mendiskripsikan benda, orang, situasi, proses
4. Degree of comparasion, membandingkan dua atau lebih benda, orang atau situasi
5. Guest handling, penanganan tamu / pelanggan secara langsung atau lewat telepon
6. Imperative, kalimat perintah, larangan, permintaan, arahan
7. Offering, menawarkan suatu produk pada pambeli/ pelanggan
8. Agreeing, menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan dan responnya
9. Ordering, pemesanan terhadap suatu barang atau jasa
10. Giving suggestion, opinion and advice, memberi saran, pendapat dan nasehat, menerima
1. Greeting , mampu memilih salam sesuai dengan waktu dan keperluan
2. Introduction, memperkenalkan diri / memperkenalkan orang lain
3. Describing, mendiskripsikan benda, orang, situasi, proses
4. Degree of comparasion, membandingkan dua atau lebih benda, orang atau situasi
5. Guest handling, penanganan tamu / pelanggan secara langsung atau lewat telepon
6. Imperative, kalimat perintah, larangan, permintaan, arahan
7. Offering, menawarkan suatu produk pada pambeli/ pelanggan
8. Agreeing, menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan dan responnya
9. Ordering, pemesanan terhadap suatu barang atau jasa
10. Giving suggestion, opinion and advice, memberi saran, pendapat dan nasehat, menerima
dan menolak
saran, pendapat dan nasehat
11. Ability, kemampuan
12. Permision, meminta ijin dan responnya
13. Possibility, kemungkinan
14. Necessity, keharusan
15. Thank giving, ucapan terima kasih
16. Invition, menyampaikan undangan
17. Congretulation, memberi ucapan selamat dan balasannya
18. Present / past continouos , bentuk sedang berlangsung
19. Simple present tense, kegiatan sehari–hari
20. Present / past perfect tense, kegiatan yang masih berlangsung
21. Future tense, yang akan datang
22. Simple past tense, berulang di waktu lampau
23. Conditional clause, kalimat pengandaian
24. Relative Pronoun, kata ganti sambung
11. Ability, kemampuan
12. Permision, meminta ijin dan responnya
13. Possibility, kemungkinan
14. Necessity, keharusan
15. Thank giving, ucapan terima kasih
16. Invition, menyampaikan undangan
17. Congretulation, memberi ucapan selamat dan balasannya
18. Present / past continouos , bentuk sedang berlangsung
19. Simple present tense, kegiatan sehari–hari
20. Present / past perfect tense, kegiatan yang masih berlangsung
21. Future tense, yang akan datang
22. Simple past tense, berulang di waktu lampau
23. Conditional clause, kalimat pengandaian
24. Relative Pronoun, kata ganti sambung
PART-I : PICTURES
Pada bagian pertama dari Listening, anda akan
melihat foto-foto dan kemudian diminta untuk
memilih kalimat yang paling menggambarkan gambar. Untuk
menjawab soal ini dengan baik adalah dengan memperhatikan gambar-gambar secara
teliti. Perhatikan gambar pada saat ‘direction’ sedang diperdengarkan (karena
petunjuk soal setiap tahun selalu sama). Sehingga pada saat soal diputar, anda
sudah siap. Tanyakan kepada diri sendiri, gambar itu tentang siapa, apa, dimana
atau kenapa.
Dalam bagian ini,
terdapat 3 soal gambar hitam putih yang melukiskan fakta sehari hari. Satu atau
dua gambar memperlihatkan kegiatan orang dan yang lain berupa objek benda.
Kemudian anda akan diperdengarkan empat pernyataan ( a, b, c dan d )untuk
masing masing gambar dan anda diminta memilih pernyataan yang paling akurat
menggambarkan isi gambar tersebut. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda
harus sudah melihat dan mencermati masing masing gambar, sehingga ketika
dibacakan kalimat – kalimat masing – masing soal anda sudah punya modal
pemahaman terhadap setiap gambar .
Keterampilan yang diperlukan pada bagian ini adalah :
1. Kemampuan menangkap dan mengenterprestasikan gambar dengan cepat.
2. Kemampuan memahami pernyataan lisan dan membandingkan dengan apa yang dilihat
Keterampilan yang diperlukan pada bagian ini adalah :
1. Kemampuan menangkap dan mengenterprestasikan gambar dengan cepat.
2. Kemampuan memahami pernyataan lisan dan membandingkan dengan apa yang dilihat
dalam gambar.
3. Kemampuan membedakan antara kata kata dengan bunyi – bunyi yang hampir sama.
Taktik yang diperlukan :
3. Kemampuan membedakan antara kata kata dengan bunyi – bunyi yang hampir sama.
Taktik yang diperlukan :
1.
Selalu menandai jawaban anda secepat
anda dapat sehingga anda segera dapat melihat gambar berikutnya. Anda tidak harus menunggu pembaca soal (
speaker ) untuk melihat gambar berikutnya.
2.
Jika anda melihat gambar suatu benda,
tanyakan pada diri anda hal hal sbb :
Ini
benda apa ?
Di mana biasanya benda ini ada / dilihat ?
Benda tersebut terbuat dari apa ?
Di mana biasanya benda ini ada / dilihat ?
Benda tersebut terbuat dari apa ?
3.
Jika anda melihat kegiatan orang ,
tanyakan pada diri anda hal hal sbb :
Apa yang sedang mereka lakukan ?
Apa yang mereka pakai ?
Apa yang sedang mereka lakukan ?
Apa yang mereka pakai ?
Di
mana mereka melakukan kegiatan tersebut ?
Bagaimana ekspresi wajahnya ?
Jika terdapat lebih dari satu orang, apa yang membedakan mereka ?
Apakah yang satu lebih tinggi dari yang lain ?
Apakah yang satu memakai topi, jaket, dasi sementara yang lain tidak ?
Apakah dia laki – laki atau perempuan ?
Bagaimana ekspresi wajahnya ?
Jika terdapat lebih dari satu orang, apa yang membedakan mereka ?
Apakah yang satu lebih tinggi dari yang lain ?
Apakah yang satu memakai topi, jaket, dasi sementara yang lain tidak ?
Apakah dia laki – laki atau perempuan ?
4.
Jangan pernah menjawab sebelum keempat
pernyataan selesai dibaca semua. Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil
pada jawaban A, jika anda pikir itu jawaban yang paling tepat. Lakukan hal yang
sama untuk ( B ), C), atau ( D ). Jika anda berubah pikiran setelah mendengar
lebih banyak pilihan, pindahkan ujung pencil anda ke jawaban pengganti. Kemudian setelah
anda mendengar keempat kalimat, hitamkan jawaban di mana ujung pensil anda
berada. Teknik ini menghindarkan anda dari kelupaan pada jawaban mana yang anda
anggap paling tepat.
5.
Cobalah untuk mengurangi kemungkinan jawaban
salah dengan teknik pembeda bunyi (sound confusion) dan pembeda makna. Beberapa
kalimat sama sekali tak ada kaitannya dengan gambar.
6.
Jangan pernah meninggalkan jawaban
kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang
benar, berspekulasilah.
7.
Jangan terpancang memandangi photo
terlalu lama, walau gambarnya seorang gadis yang sangat cantik, atau pria yang
berwajah tampan, setelah menemukan jawaban yang benar segera pindah ke gambar
pada soal berikutnya.
PART-II : QUESTION –
RESPONSE
Pada listening bagian ke-2 anda akan mendengarkan sebuah
pertanyaan, kemudian anda harus memilih satu respon yang paling tepat untuk
pertanyaan itu. Yang harus anda waspadai adalah:
Terdapat kata-kata yang bunyinya mirip dengan kata di
pertanyaan.
contoh:
question: How much does it cost?
answer: Tank you very much.
Meskipun sama-sama terdapat kata much, tapi jawaban itu bukan respon yang tepat untuk pertanyaan ‘How much does it cost?‘
contoh:
question: How much does it cost?
answer: Tank you very much.
Meskipun sama-sama terdapat kata much, tapi jawaban itu bukan respon yang tepat untuk pertanyaan ‘How much does it cost?‘
Perhatikan kata tanya di awal kalimat (WH question; who,
what, when, where, why, what, How, dll.) Waspadai pula penggunaan ‘question
tags’
Jika anda ragu-ragu, pilih saja respon/ jawaban yang anda
rasa paling masuk akal untuk pertanyaan tersebut. Yang terpenting jangan sampai
lembar jawaban anda kosong.
PART-III : SHORT CONVERSATION
Pada bagian ketiga, anda akan
mendengar dialog singkat dan kemudian anda mendapat pertanyaan
tentang dialog tersebut. Dalam hal ini anda perlu menggunakan memori
jangka pendek dengan baik. Strategi terbaik adalah untuk
mewaspadai:
Kesamaan bunyi kata-kata pada jawaban dengan yang ada pada
dialog
Kata negatif (don’t, hardly, won’t, dll.)
Kata-kata yang terkait dengan waktu (always,
seldom, dll)
Cobalah membaca pertanyaan, dan bahkan
mungkin jawaban, sebelum anda mendengar dialog. Periksa
semua pilihan dan jangan memilih terlalu cepat.
Pada bagian ini,
dibacakan pertanyaan dan diikuti tiga pilihan jawaban.
Pertanyaan maupun jawaban tidak ditulis dalam soal.
Jadi tidak ada sesuatu dalam soal kecuali perintah “ Mark your answer in your answer sheet “, sehingga ini betul – betul tes listening yang sesungguhnya.
Maka ketika mengerjakan bagian ini, naskah soal di kesampingkan saja dulu.
Seorang pembaca naskah ( speaker ) mengenalkan soal dengan membaca nomor soal, kemudian speaker kedua ( bisa laki – laki atau perempuan ) membacakan naskah soal dan speaker ke tiga ( laki laki ) membacakan pilihan jawabannya.
Ketrampilan yang diperlukan pada bagian ini :
Pertanyaan maupun jawaban tidak ditulis dalam soal.
Jadi tidak ada sesuatu dalam soal kecuali perintah “ Mark your answer in your answer sheet “, sehingga ini betul – betul tes listening yang sesungguhnya.
Maka ketika mengerjakan bagian ini, naskah soal di kesampingkan saja dulu.
Seorang pembaca naskah ( speaker ) mengenalkan soal dengan membaca nomor soal, kemudian speaker kedua ( bisa laki – laki atau perempuan ) membacakan naskah soal dan speaker ke tiga ( laki laki ) membacakan pilihan jawabannya.
Ketrampilan yang diperlukan pada bagian ini :
1.
Kemampuan membedakan jenis – jenis
pertanyaan secara lisan (information question, yes no question, alternative
question, suggestion offers dan lain – lain). Kemampuan mengenal respon sesuai
dengan tipe pertanyaannya.
2.
Kemampuan membedakan kata-kata yang
bunyinya hampir sama. Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini.
3.
Cobalah untuk mengidentifikasi jenis
pertanyaan. Respon yang benar biasanya tergantung pada jenis pertanyaan yang
ditanyakan. Jangan pernah menjawab sebelum keempat pernyataan selesai dibaca
semua.
4.
Jangan pernah meninggalkan jawaban
kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang
benar, berspekulasilah.
PART-IV : SHORT TALKS
Dalam bagian keempat, anda akan
mendengar monolog dan kemudian mendapat pertanyaan tentang hal
itu. Yang harus anda lakukan kurang lebih sama sebagaimana dalam
bagian sebelumnya, tetapi anda perlu lebih hati-hati dalam
menyimak detail information dan
memperhatikan konteks. Cobalah
untuk membaca pertanyaan-pertanyaan sebelum monolog
diperdengarkan, dan dengarkan seluruh pembicaraan sebelum
memilih jawaban. Gunakan waktu anda dengan bijaksana,
jangan tertinggal atau kehilangan informasi penting yang terkait
dengan pertanyaan berikutnya.
Dalam bagian ini akan
disajikan beberapa short talk atau monolog ( pembicaraan pendek) secara
monolog. Setiap short talk diikuti dua atau tiga pertanyaan yang berhubungan
dengan apa yang anda dengar. Short talk atau monolog ini dapat berupa
advertisment ( iklan ), announcement ( pengumuman ), telepon massage, briffing
di tempat kerja dan sebagainya.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1.
Ketika dibacakan “ direction “ , maka
anda harus sudah membaca dan mencermati pertanyaan soal soal yang bersangkutan
dengan short talk tersebut dan keempat pilihan jawabannya, sehingga ketika
dibacakan monolog anda sudah punya modal pemahaman terhadap apa yang akan
ditanyakan .
2.
Setiap monolog akan dibacakan dua kali,
usahakan anda dapat menjawab pada saat monolog selesai dibaca yang pertama,
sehingga ketika monolog dibaca untuk yang kedua kalinya, anda bisa membaca
pertanyaan soal untuk monolog berikutnya beserta keempat pilihan jawabannya.
Begitu seterusnya.
3.
Tentukan kata tanya yang dipakai, apa
yang ditanyakan, apakah , what, who, when, why, where, how, how long dll.
Dengan mengetahui apa yang ditanyakan, anda bisa memfokuskan dalam mencari
informasi dari monolog tersebut.
4.
Cobalah untuk membayangkan, setting dari
monolog tersebut. Hal ini akan membantu anda dalam membuat suatu analisa
mengenai siapa yang sedang berbicara, di mana monolog itu dibacakan, untuk
siapa monolog itu ditujukan dan untuk keperluan apa.
5.
Jangan pernah meninggalkan jawaban
kosong. Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban yang
benar, berspekulasilah.
Bagi sebagian besar
orang, listening adalah bagian tersulit ketika menjalani tes TOEFL. Saya pun
termasuk didalamnya. Berkali-kali mengikuti tes ini dan selalu mendapat point
terendah dibandingkan bagian lainnya. Nah, kali ini saya akan mencoba merangkum
strategi yang baru saja saya pelajari tentang bagaimana menjawab bagian
listening dengan baik.
1. Bacalah pilihan jawaban sebelum mendengarkan percakapan atau sebelum
percakapan dimulai.
Dengan membaca pilihan jawaban akan membantu kita lebih memahami isi
percakapan.
2. Dengarkanlah barisan pertama dari percakapan dengan hati-hati. Barisan pertama dari percakapan
sering berisi main idea, subject atau topic dari percakapan. Pertanyaan tentang
main idea, subject and topic sering sekali di tanyakan di Listening Part B.
3. Ketika telinga kita mendengarkan percakapan, pada saat yang bersamaan
mata kita harus melihat pilihan jawaban di buku tes dan cobalan untuk
menentukan jawaban yang benar.
Pertanyaan yang di berikan biasanya diberikan secara berurutan didalam
percakapan. Jawaban pertanyaan nomor 1 biasanya di temukan di awal percakapan,
jawaban pertanyaan nomor 2 & 3 biasanya ada di tengah percakapan dan
pertanyaan nomor 4 biasanya ada di akhir percakapan.
4. Kalau kita tidak yakin dengan jawaban, kita harus menebak jawabannya. Jangan pernah mengosongkan
jawaban, tapi semua harus dijawab. Jawaban salah tidak akan mengurangi score
karena di TOEFL Test, hanya jawaban yang benar yang dihitung.
5. Kalau masih ada waktu setelah menjawab pertanyaan, bacalah kembali
pilihan jawaban untuk soal selanjutnya. Interval waktu untuk setiap soal sekitar 8-12 detik, jadi
gunakan waktu tersisa untuk membaca pilihan jawaban.
6. Biasanya
jawaban pertanyaan sering ditemukan di suara kedua di percakapan singkat.
Sehingga fokuslah pada suara kedua.
7. Biasanya
struktur percakapannya di awal mudah dan akan cukup sulit di akhir sesi.
8. Jangan
pernah mengosongkan jawaban. Bahkan jika Anda tidak yakin atau tidak mengerti
sama sekalipun, tebak saja. Sebab tidak ada pengurangan nilai bila anda salah.
9. Gunakan
waktu yang tersisa ketika telah selesai menjawab satu pertanyaan, untuk melihat
opsi jawaban di pertanyaan berikutnya. Jadi bisa mempermudah anda untuk hanya
fokus pada percakapannya saja.
10. Jika
Anda mengerti sedikit ide percakapan tersebut, pilih jawaban yang mengandung
pernyataan sebagaimana ide yang Anda ketahui.
11. Jika
Anda tidak mengerti percakapan tersebut, pilihlah jawaban yang berbeda dari apa
yang anda dengarkan. Karena biasanya itu yang menjadi jebakan bagi untuk
memilih jawaban yang salah. Contoh seperti Apartement dengan appointment, atau
search dengan research dan church.
12. Bila
Anda tahu persis kata yang digunakan namun tidak ditemukan di opsi-opsi yang
ada maka carilah sinonim dari kata tersebut.
13. Kita harus terbiasa dengan petunjuk tes/test direction. Direction atau petunjuk untuk
setiap Tes TOEFL dimanapun pasti sama. Jadi pada saat kita mengerjakan bagian Listening Comprehension, kalian tidak
perlu selalu mendengarkan direction atau petunjuk yang dibacakan oleh narrator.
Untuk itu kita harus sudah memahami dan akrab dengan petunjuk tes sebelum
melaksanakan Tes TOEFL.
14. Dengarkanlah percakapan dan pidato dengan seksama dan hati-hati. Kita harus sepenuhnya
berkonsentrasi terhadap apa yang sedang diperbincangkan karena percakapan dan
pidato hanya di perdengarkan sekali saja.
15. Mengetahui dimana pertanyaan yang mudah dan sulit biasanya di temukan. Di Listening Comprehension,
pertanyaan biasanya diberikan mulai dari yang paling mudah sampai yang paling
sulit.
16. Jangan pernah mengosongkan jawaban di lembar jawaban. Bahkan jika kita tidak yakin
dengan jawaban kita, kita harus tetap menjawabnya karena idak ada pengurangan
nilai untuk jawaban yang salah.
17. Gunakan waktu yang tersisa untuk membaca soal selanjutnya. Ketika kita selesai menjawab
pertanyaan dan masih memiliki sisa waktu, usahakan membaca dan melihat pilihan
jawaban untuk pertanyaan selanjutnya.
Sumber : google
it's great blog.
BalasHapuskeep blogging wherever yuR.
Expanding your thought.
as blogger, how good leave any comment too my blog.
syamsfitrandani.blogspot.com
Thanks
Terimakasih mbak artikelnya sangat membantu tambahn informasi terkait Tips Menjawab Soal Listening TOEFL
BalasHapusKeep posting mbak
Sangat membantu postingan Anda
BalasHapusPERSIAPAN TOEFL
tips yang sangat bermanfaat Mbak, semoga berkenan berkunjung ke blog saya:
BalasHapushttp://nelvianti.blogspot.com